Tuesday, March 6, 2012

Aussie Melaju Kencang di Tengah Cerahnya Sektor Manufaktur China

Pergerakan aussie pada perdagangan hari ini tampak melawan sinyak ekonomi yang tidak terlalu baik dari dalam negeri (01/03). Dua data penting yang menunjukkan penurunan yang cukup berarti, tidak terlalu ditanggapi pasar. Aussie tetap melanjutkan kenaikan terhadap dolar AS dipicu oleh membaiknya sector manufaktur di China.

Aussie tampak melesat terus mengabaikan penurunan yang terjadi pada data pengeluaran sector swasta di kuartal keempat lalu, yang turun sebesar 0.3% (q/q). Sementara data building approval yang tidak sebaik estimasin, hanya naik 0.9% (m/m) di bulan Januari lalu, juga tidak memberikan sentiment negative yang berarti.

Aussie terangkat oleh data dari sector manufaktur China. Dilaporkan bahwa sector manufaktur China kembali mengalami ekspansi di bulan Februari lalu. Indeks PMI manufaktur berada di level 51 poin, lebih baik sedikit dari estimasi di level 50.9 poin.

Aussie pada perdagangan hari ini terpantau berada pada posisi 1.0755 dolar. Posisi aussie pagi ini mengalami kenaikan yang sehat dibandingkan penutupan perdagangan dini hari tadi yang ada di level 1.0733 dolar.

Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa pergerakan aussie pada perdagangan hari ini masih berpotensi untuk menguat lagi. Aussie akan mencoba untuk mengetes level resistance pada posisi 1.0850 dolar.

0 comments:

Post a Comment