Wednesday, April 13, 2011

Polisi Rawan Jadi Korban Kecelakaan

Waduh! Polisi Rawan Jadi Korban Kecelakaan di Jalan Raya

Jakarta - Waduh! Polisi Rawan Jadi Korban Kecelakaan di Jalan Raya

Indonesian Police Watch (IPW) memantau makin tingginya tingkat kematian polisi di jalan raya. Dari data IPW, banyak polisi yang meniggal saat menjalankan tugasnya mengatur lalulintas.

"Dari data yang dihimpun IPW dalam 16 bulan terakhir ada delapan anggota Polri menjadi korban. Enam polisi tewas dan dua luka berat. Sebagian besar terjadi di wilayah hukum Polda Metro Jaya," ujar Ketua Presidium Indonesian Police Watch (IPW), Neta S Pane, dalam siaran pers, Rabu (13/4/2011).

Menurut Neta, banyak polisi yang meninggal dalam usia muda. IPW meminta hal ini diperhatikan betul-betul oleh Mabes Polri dan masyarakat.

"Mereka umumnya berusia produktif, yakni antara 28 sampai 35 tahun. Sebagian besar polisi yang tewas tengah menjalankan tugas. Sebagian lagi tewas saat akan berangkat tugas dan pulang dari menjalankan tugas," tutur Neta.

IPW menilai ada dua hal yang menjadi pemicu makin tingginya angka kematian polisi di jalan raya. Pertama, beratnya beban tugas polisi yang kerap membuat konsentrasi mereka menurun. Kedua, makin banyaknya jumlah kendaraan dan parahnya tingkat kemacetan yang membuat pengendara kerap letih serta kehilangan konsentrasi.

"Untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan, anggota Kepolisian yang bertugas di jalan raya perlu diberi tanda-tanda yang mencolok, sehingga pengendara dapat dengan jelas melihat keberadaannya. Selain itu, para pengendara diimbau untuk mematuhi rambu-rambu dan tata tertib berlalu lintas demi keselamatan bersama," imbaunya.

Adapun nama-nama polisi yang menjadi korban di jalan raya berdasarkan data IPW adalah:

1. Pada tanggal 9 Januari 2010, Brigader Dua Dedi Sutandi anggota Denmabes Polri tewas ditabrak truk di KM 35.400 Tol Sentul menuju ke arah Bogor. Dedi ditabrak saat mengganti ban mobilnya.

2. Pada tanggal 27 Januari 2010, Brigadir Agus Gufroni anggota Polsek Bekasi Barat tewas akibat ditabrak kereta api di Kranji, saat akan pulang setelah bertugas.

3. Pada tanggal 15 Juli 2010, Brigadir Deden Ahad, anggota Polres Purwakarta luka berat setelah ditabrak mobil kawan penjambret di Pasar Jumat, Purwakarta.

4. Pada tanggal 16 Oktober 2010, mantan sekretaris pribadi Susno Duadji, Inspektur Dua Anjar Saputro tewas dalam kecelakaan di Jalan Raya Bogor.

5. Pada tanggal 17 Desember 2010, Bripda Helfin, petugas Patroli Jalan Raya (PJR) tewas setelah terserempet truk trailer, saat mengatur lalulintas di jalan tol dalam kota tepatnya di Pancoran, Cawang arah ke Semanggi.

6. Pada tanggal 10 Februari 2011, anggota Direktorat Polisi Air Polda Metro Jaya, Brigadir Dua Dumadi Priyo Raharjo (28), tewas terlindas truk peti kemas di Jalan Yos Sudarso, Jakarta Utara. Kecelakaan terjadi saat korban hendak berangkat tugas.

7. Pada tanggal 9 Maret 2011, Bripka Doni anggota Gegana Brimob Polri tewas saat mengendarai sepeda motor di Jalan DI Panjaitan, Jakarta Timur.

8. Pada tanggal 12 April 2011, Bripka Hari Affandi anggota lalulintas Polres Jakarta Utara luka berat setelah ditabrak mobil saat mengatur lalu lintas di Jl Yos Sudarso, Jakarta Utara.

0 comments:

Post a Comment