Thursday, July 7, 2011

e-KTP (electronic-KTP) Akan disosialisasikan di Asahan

ASAHAN,Kisaran. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan mensosialisasikan informasi penerapan elektronik Kartu Tanda Penduduk (e-KTP). Bupati Asahan, Taufan Gama Simatupang berharap informasi penerapan e-KTP dapat disosilisasikan kepada masyarakat secara luas, baik cara pembuatanya, dan manfaatnya.

Saya berharap informasi penerapan e KTP di Asahan dapat diinformasikan secepatnya kepada masyarakat secara luas,“ kata Bupati Asahan dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wakil Bupati Asahan, Surya dalam acara sosilisasi penerapan e KTP kepada dinas instansi dan dunia usaha.

Surya menjelaskan dalam penerapan e – KTP kepada 197 kabupaten/kota, Asahan salah satu daerah yang telah siap memberlakukan e KTP tersebut dan hal itu menjadi kebanggan tersendiri bagi Asahan. Namun, Pemkab Asahan juga memiliki beban dan tanggung jawab yang besar untuk melaksanakan e KTP tersebut, karena Asahan masih baru dalam penerapan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dengan program Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) pada Desember 2008 dan tahun 2011.

“Saya meminta kepada Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Asahan, agar bekerja dengan sungguh-sungguh. Begitu juga kepada para camat se Kabupaten Asahan, agar mendukung sepenuhnya kegiatan tersebut, karena tempat pelayanan e KTP nantinya di pusatkan di setiap kantor camat, “ ucap Surya.

Surya mengatakan untuk tahun 2012 pelayanan e KTP dilaksanakan secara regular. “Artinya penduduk akan dikenakan retribusi sesuai peraturan daerah dan biayanya kemungkinan lebih besar dari pada harga blanko KTP sebelumnya. Karena e – KTP tersebut lebih spesifik memiliki microchip yang memuat data pribadi pemilik KTP, rekaman sidik jari dan specimen tandatangan,” jelas Surya.

Sumber : Asahan-pos.blogspot.com


Berita Terkait :

  • Pengertian dan Manfaat e-KTP (electronik-KTP)



  • PANDUAN E-KTP KEMENTERIAN DALAM NEGERI RI
  • 0 comments:

    Post a Comment